22 Februari 2009

Hari Pasar Kalua

Hari masih pagi. Cuaca lumayan bersahabat. Cahaya matahari bersinar cukup menyengat dari ufuk timur. Aktifitas orang-orang hari ini sedikit berbeda dengan hari-hari biasa. Karena hari ini adalah hari Kamis yang merupakan hari pasaran bagi masyarakat Kalua. Orang berlalu lalang berangkat ke pasar. Ada yang berdagang dan ada pula yang bermaksud membeli segala keperluan.
Para pedagang di pasar Kalua tentunya berangkat lebih awal dan ready action sepagi-pagi buta. Kira-kira jam 4.30 sudah mulai “baurak” mempersiapkan dagangan. Terutama para pedagang yang bersifat “manyasah pasar”. Sedangkan para pedagang yang memiliki toko di pasar Kalua maupun para pedagang yang menetap di sekelilingnya sedikit agak lambat. Sekitar jam 5.00 baru mulai mempersiapkan dagangan.
Namanya juga pasar. Segalanya tumplek blek. Para pedagang dan pembeli bercampur baur. Mereka datang dari berbagai tempat. Mayoritas Pedagang pada hari kamis adalah pedagang yang “manyasah pasar”, istilahnya berdagang berpindah-pindah sesuai dengan hari pasaran. Misalnya hari Jum’at Pasar Pamarangan, Sabtu pasar Tanjung/Mabuun, Senin Pasar Paringin, Selasa pasar Selasa Mantuil, Rabu Pasar Arba. Hari Kamis selain Kalua juga merupakan hari pasaran bagi pasar Amuntai.

1 komentar:

Syafaat Ahmad mengatakan...

salam kenal sesama orang kalua, semoga kelua semakin maju

Posting Komentar

Terima kasih komentarnya.Let's Share Together...

 
© Copyright by Kelua Gaul :: Informasi Banua Seputar Budaya, Ekonomi, Sosial, Agama dan Pendidikan  |  Template by Kelua Gaul